banner

Selasa, 27 September 2011

Individu, Keluarga, dan Masyarakat

Pengertian Individu 
Individu adalah suatu kata yang ditunjukan untuk perseorangan, tunggal, ataupun sendiri. Individu juga bisa di artikan manusia yang hidup berdiri sendiri. Tuhan di dalam dirinya selalu di lengkapi oleh kelengkapan hidup yang meliputi rasa, raga, rasio, dan rukun.

Hubungan Antara Individu dengan Masyarakat
Pandangan pertama hubungan Individu dan Masyarakat di dasarkan bahwa Masyarakat itu mempunyai suatu realitas tersendini. Masyarakat yang penting dan Individu untuk masyarakat. Intinya adalah Masyarakat yang menentukan individu, Individu yang menentukan masyarakat, dan Individu dan Masyarakat saling menentukan untuk kelangsungan hidup.

Pengertian keluarga
Keluarga adalah sekelompok manusia yang di hasilkan dengan cara perkawinan antara suami istri dan tinggal di tempat tinggal yang sama. Keluarga juga bisa diartikan sekumpulan dari beberapa manusia yang membentuk keluarga, biasanya terdapat di organisasi.

Hubungan Antara Keluarga dan Masyarakat
Keluarga juga hal pertama dimana kita belajar dan mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tua. Karena tanpa adanya pembelajaran yang baik dari keluarga, maka dapat berdampak kepada masyarakat, contohnya seorang anak yang tidak terdidik dengan baik maka anak tersebut akan bisa menyusahkan masyarakat setempat dengan tingkah lakunya yang kurang baik. Jadi, hubungan antara keluarga sangat kuat sekali.


Dalam keluarga juga ada yang di sebut dengan family tree atau pohon keluarga, yaitu struktur keluarga yang di susun secara turun menurun dari kakek sampai cucu. Hal ini juga dapat mempermudah kita mengingat semua keluarga kita dari kakek dan cucu.






Pengertian Masyarakat
Masyarakat adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang behubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama.

Unsur-unsur suatu masyarakat
- harus mempunyai perkumpulan manusia yang banyak
- telah bertempat tinggal untuk waktu yang lama d suatu daerah tertentu 
- adanya aturan yang mengatur masyarakat untuk menuju kepada kepentingan dan tujuan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar