banner

Selasa, 20 November 2012

Tips Belajar Bass

Tehnik Dasar
       Dalam bermain bass sebenarnya tidaklah sulit bagi mereka yang sudah bisa menguasai kunci balok dalam gitar. Pada awalnya terlihat sulit dalam memainkan bass karena jarak fret ke fret jauh-jauh di bandingkan dengan gitar(seperti pikiran saya dulu pertama kali main bass dalam band, haha :D ). pada bass hanya memainkan satu senar untuk membuat nada, berbeda dengan gitar yang di petik dengan jari-jari dan pick secara sweep up dan sweep down(atau bahasa sederhana di kocok ke atas dan ke bawah ;D). Jumlah senar pada bass standarnya adalah 4 senar E-A-D-G.
 Pada Bass terdapat tehnik dasar memainkannya, yaitu :
  • Fingering : Memainkan Bass dengan menggunakan Jari
  • Picking : Memainkan Bass dengan menggunakan Pick
Kalau saya sendiri selalu bermain Fingering yang menurut saya lebih comfortable dalam memainkannya :D. bermain fingering juga membuat nada lebih soft dibandingkan picking.

Di bawah ini sedikit tips untuk belajar bass :
  1.  Niat dan berdoa lah demi kelancaran belajar Anda :D
  2. Sediakan Bass akustik atau elektrik. atau jika tidak ada gunakan gitar juga bisa gunakan senar 3, 4, 5, 6 dalam gitarnya, kalau tidak punya juga pinjam kepada teman yang baik Hati dan tidak sombong, hehe :D
  3.  Coba minta teman buat mengajari chord basicnya dalam bass, kalau sudah tau otodidak juga bisa.
  4. tau nada dari setiap senar bass, senar 1 nada G, senar 2 nada D, senar 3 nada A, senar 4 nada E.
  5. Sering-sering memainkan bass dengan diiringi lagu agar bisa mengatur tempo dalam memainkan bass, ketukan bass disamain dengan ketukan drum.
  6. Kalo bisa browsing di Youtube, cari video belajar bass agar menambah wawasan(itulah gunanya internet dalam edukasi , hahahhaha :D)
  7. latian kord dasar seperti minor dan mayor, tangga nada C mayor : C-D-E-F-G-A-B.
  8. kalau punya banyak uang di sarankan les bass di tempat-tempat les musik, entah di chic's atau purwacaraka (Cuma tau itu :p), kalo saya sendiri sih murni otodidak (padahal emang gak ada duit buat les -,-).

       itulah sedikit tips dari saya untuk belajar bass, selebihnya BERSABAR dan TERUS MENCOBA, itulah kunci kesuksesan, hahahhaha...

Selamat mencoba teman-teman :D

Salam Para Bassist Indonesia \m/
:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar