banner

Senin, 11 November 2013

ARTIKEL DESAIN PEMODELAN GRAFIK

Pendahuluan

Pemodelan adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek. Membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi (3D modelling).
Ada beberapa aspek yang harus dipertimbangkan bila membangun model obyek, kesemuanya memberi kontribusi pada kualitas hasil akhir. Hal-hal tersebut meliputi metoda untuk mendapatkan atau membuat data yang mendeskripsikan obyek, tujuan dari model, tingkat kerumitan, perhitungan biaya, kesesuaian dan kenyamanan, serta kemudahan manipulasi model. Proses pemodelan 3D membutuhkan perancangan yang dibagi dengan beberapa tahapan untuk pembentukannya. Seperti obyek apa yang ingin dibentuk sebagai obyek dasar, metoda pemodelan obyek 3D, pencahayaan dan animasi gerakan obyek sesuai dengan urutan proses yang akan dilakukan.

Batasan Masalah

Bagaimana perkembangan pemodelan desain grafik saat ini?

Pemecahan Masalah yang ada

Bagaimana Perkembangan Pemodelan Grafik saat ini ?

Desain Pemodelan Grafik melingkupi segala bidang yang membutuhkan penerjemahan bahasa verbal menjadi perancangan secara visual terhadap teks dan gambar pada berbagai media publikasi guna menyampaikan pesan-pesan kepada komunikan seefektif mungkin.Desain Pemodelan Grafik diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis komunikasi lainnya, Desain Pemodelan Grafik dapat merujuk kepada proses pembuatan (mendesain) atau pun produk yang dihasilkan (desain/rancangan). Desain Pemodelan Grafik pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, Desain Pemodelan Grafik juga diterapkan dalam media elektronik – yang sering kali disebut sebagai “desain interaktif” (interactive design),atau “desain multimedia” (multimedia design’) 

Pemecahan Masalah menurut saya

Bagaimana Perkembangan Pemodelan Grafik saat ini ?

Menurut saya perkembagan pemodelan grafik pada jaman sekarang sangat berkembang dengan cepat, dari grafik yang hanya pewarnaan standar, hingga 2D, dan sekarang sudah mencapai tampilan 3D(3 Dimensi) yang tampilannya begitu tajam dan seperti gambar yang hidup. Bahkan dengan 3D tersebut orang-orang memanfaatkan untuk sebuah augmented reality, jadi gambar itu menjadi timbul seperti keluar dari layar. jadi intinya sudah sangat berkembang pesat.

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil dari tulisan ini, dapat mengetahui apa itu sebuah desain pemodelan grafik dan juga perkembangan dari desain pemodelan grafik tersebut.


1 komentar:

  1. Artikelnya keren gan.. Jangan lupa kunungi juga ya
    https://mirandarosadi85.wordpress.com/2015/04/14/macam-macam-rak-buku-unik-pelengkap-arsitektur-rumah/

    BalasHapus