banner

Senin, 19 November 2012

BOUNCE RATE

Bounce Rate

Apa itu Bounce % atau Bounce Rate ?
Bounce rate adalah suatu nilai atau acuan yang berbentuk persentase yang mereprentasikan atau menunjukan jumlah pengunjung yang langsung mengklik close atau meninggalkan sebuah halaman website yang sedang dibuka. Data pada Bounce Rate berbentuk persentase (%) , semakin tinggi persentase poin yang didapat pada sebuah website , menunjukan website tersebut sering ditinggalkan pengunjung dengan cepat ataupun sering di kunjungi oleh pengunjung yang hanya membaca berita di headline sebuah website (hanya mampir saja).
Salah satu software untuk mengetahui Bounce Rate adalah Google Analytics dan Alexa. Namun , pada kali ini saya menggunakan software Alexa dikarenakan relatif mudah untuk melakukannya alias hanya dengan berkunjung ke website mereka di alexa.com . Dan inilah langkah-langkah untuk mengetahui Bounce Rate pada sebuah website serta perbandingan dengan website lainnya.
1. Buka situs alexa di url berikut : www.alexa.com , maka akan muncul screen shoot seperti dibawah ini.Pada search bar kita ketikan situs yang ingin kita ketahui traffic atau bounce rate nya , disini saya mencontohkan ui.ac.id ,lalu tekan enter. 
clip_image008
2. Lalu akan muncul screen shoot seperti dibawah ini ,setelah itu kita klik button Get Details. 
clip_image010
3. Maka akan tertampil halaman baru yang berisikan diagram grafik pada bagian tengah website seperti screen shoot dibawah ini :
clip_image012
       Pada bagian atas banyak tersedia button seperti Traffic Rank , Reach % , Pageviews % ,Pageviews/user , Bounce % , Time On Site , dan Search %. Namun , karena yang akan kita amati adalah Bounce % (persentase bounce pada sebuah website) maka kita klik button yang bertuliskan Bounce %. Maka nanti akan tertampil grafik pergerakan bounce pada website ui.ac.id , untuk melakukan perbandingan atau komparasi dengan website lainnya maka kita ketikan pada text field yang kosong (yang terletak persis dibawah tulisan Compare ui.ac.id to: ) dengan nama website yang ingin kita bandingkan. Website – website yang saya masukan adalah gunadarma.ac.id , bsi.ac.id , its.ac.id , dan itb.ac.id . Dan inilah perbandingan persentase bounce pada 5 website tersebut dalam 3 bulan terakhir : 
clip_image014
Kesimpulan
       Dari diagram diatas yang menggambarkan fluktuatif pergerakan Bounce Rate pada 5 website Universitas dalam 3 bulan terakhir menunjukan bahwa website dari Universitas Gunadarma , Universitas Indonesia , Institut Teknologi Bandung , dan Institut Teknologi Sepuluh November sangat bersaing ketat dalam pergerakan Bounce Rate yaitu sama-sama tinggi (>40%) sedangkan Bina Sarana Informatika memiliki Bounce Rate yang terbilang kecil (<40 .="." :=":" bahwa="bahwa" bandung="bandung" beberapa="beberapa" berkunjung="berkunjung" bina="bina" bisa="bisa" cepat="cepat" dan="dan" dari="dari" dengan="dengan" di="di" dibanding="dibanding" div="div" gunadarma="gunadarma" hal="hal" indonesia="indonesia" informatika="informatika" ini="ini" institut="institut" lebih="lebih" menunjukan="menunjukan" menurut="menurut" menutup="menutup" november="november" oleh="oleh" pengaruhi="pengaruhi" pengunjung="pengunjung" relatif="relatif" saat="saat" saja="saja" sarana="sarana" saya="saya" sepuluh="sepuluh" teknologi="teknologi" tersebut="tersebut" universitas="universitas" website="website" yaitu="yaitu">
  • Rendering atau Loading saat kita membuka website Bina Sarana Informatika lebih lama dibandingkan saat kita membuka website Universitas Gunadarma , Universitas Indonesia , Institut Teknologi Bandung , dan Institut Teknologi Sepuluh November sehingga membuat website Bina Sarana Informatika seakan-akan dikunjungi oleh pengunjung dalam waktu yang relatif lama (padahal bisa saja pengunjung menunggu rendering yang agak lama demi membuka website tersebut).
  • Pengunjung website dari Universitas Gunadarma , Universitas Indonesia , Institut Teknologi Bandung , dan Institut Teknologi Sepuluh November hanya bertujuan untuk membaca headline , berita atau news letter terbaru yang tertampil dalam halaman muka website tersebut jadi setelah membacanya pengunjung langsung menutup website tersebut.
  • Saat pengunjung website dari Universitas Gunadarma , Universitas Indonesia , Institut Teknologi Bandung , dan Institut Teknologi Sepuluh November membuka website tersebut ,mereka tidak sengaja menekan button back atau malah menutup window atau tab dimana website itu tertampil.
Sebagai pelengkap saya juga menampilkan screen shoot Bounce Rate , Traffic Rank , Reach Rate , Pageviews Rate , Pageviews/user , Time On Site , dan Search Rate ke 5 website tersebut , yakni :
  • Bounce Rate dalam 7 hari terakhir
clip_image016
  • Bounce Rate dalam 1 bulan terakhir
clip_image018
  • Traffic Rank dalam 3 bulan terakhir
clip_image020
  • Reach Rate dalam 3 bulan terakhir
clip_image022
  • Pageviews Rate dalam 3 bulan terakhir
clip_image024
  • Pageviews/User dalam 3 bulan terakhir
clip_image026
  • Time on Site dalam 3 bulan terakhir
clip_image028
  • Search Rate dalam 3 bulan terakhir
clip_image030







Tidak ada komentar:

Posting Komentar