banner

Minggu, 11 November 2012

MULTIMEDIA

        Multimedia
            Kata multimedia sering sekali kita dengar yaitu yang berkaitan dengan entertainment atau hiburan seperti tulisan, musik, gambar, video, dll. Pada masa sekarang kita tidak bisa lepas dengan yang namanya menggunakan sarana multimedia, dari menonton TV, mendengarkan musik, internet, dll.

        Pengertian Multimedia
          Multimedia terdiri dari dua kata "multi" artinya banyak, dan "media" sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media dalam Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi.
Multimedia
dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.
 
       Pengertian Multimedia dari Para Ahli
  •    Kombinasi dari komputer dan video. (Rosch, 1996)
  •    Kombinasi dari tiga elemen : suara, gambar dan text. (Mc.Comick, 1996)
  •   Kombinasi dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar. (Turban dan kawan-kawan, 2002) 
  •  Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks-grafik, animasi, audio dan video. (Robin dan Linda, 2001) 
  • Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstekter, 2001 adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
        Unsur-unsur Multimedia 
  •         Text (Tulisan/Teks) 
              Text dapat disajikan dengan berbagai bentuk model dan ukuran huruf atau font, teks adalah kombinasi huruf yang membentuk satu ayat atau perkataan yang menerangkan atau membincangkan suatu topik dan topik ini dikenal sebagai informasi berteks.
       Format Text  : .txt, .doc, .org, .docx, dll
  
   Contoh Text : 

  •           Image (Gambar)
                 Menurut Agnew dan Kellerman (1996) image adalah sebagai garisan, bulatan, kotak, bayangan, warna dan sebagainya yang dibina dengan menggunakan program melukis. Dengan adanya grafik penyampaian sebuah informasi akan lebih menarik dan efektif, grafik merupakan rumusan maklumat dalam bentuk visual. Ingat bahwa gambar akan mewakili sejuta kata-kata.
Format file image : .jepg, .jpg, .png, .bmp, dll 

Contoh file Image : 
  •         Audio (Suara)
                 didefinisikan sebagai sembarang bunyi dalam bentuk digital seperti suara, musik, narasi dan sebagainya yang boleh didengar. Audio sendiri juga meningkatkan daya tumpuan dan daya tarikan, dengan tambahan suara yang terproses dan tambahan sound efek generator maka suara yang dihasilkan akan ditampilkan dengan begitu mempesona dan memukau pendengarnya.

       Format File Audio : Wav, mp3, dll

       Contoh File Audio : 


  •            Video
                Agnew dan Kellerman (1996) mendefinisikan video sebagai media digital yang menunjukkan susunan atau urutan gambar-gambar pegun dan memberikan ilusi, gambaran serta fantasi kepada gambar yang bergerak. Video menyediakan satu kaedah penyaluran informasi yang amat menarik dan live. Video merupakan sumber atau media yang paling dinamik serta efektif dalam menyampaikan suatu informasi.
       Format file video : MP4, MPEG, AVI, FLV, dll 

       Contoh Video : 
                          

  •            Animasi
           Menurut Simon 1995: 134, animasi adalah paparan urutan lakaran yang setiap satunya terdapat sedikit perbedaan untuk menghasilkan satu pergerakan secara berterusan. Animasi akan sangat menarik perhatian untuk menghilangkan kejenuhan yang monoton.
          Kenapa animasi tidak mempunyai format yang baku? Karena animasi berbeda dengan format gambar biasanya, animasi adalah sebuah gambar yang memiliki pergerakan tertentu sehingga tidak mempunyai format yang baku.
       Format File Animasi : .Gif
       Contoh Animasi :  
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar